ram laptop

Sebelum Upgrade RAM Laptop, Perhatikan 6 Hal Ini Dulu Yuk!

Gogeline – RAM merupakan salah satu komponen penting laptop yang berperan dalam pengolahan data. Semakin lama digunakan, maka akan semakin banyak data yang disimpan, sehingga kinerja laptop pun menjadi lambat. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa memilih untuk upgrade RAM laptop Anda. Namun, sebelum melakukannya Anda perlu memastikan 6 hal ini terlebih dahulu.

ram laptop

1. Tanya Dulu Diri Anda, Apakah Upgrade RAM diperlukan?

Daripada mengeluarkan uang untuk membeli laptop baru, mungkin Anda berpikiran bahwa akan lebih hemat jika meningkatkan kapasitas RAM saja. Apalagi jika Anda sudah kandung cinta dengan laptop Anda, masa mau diganti begitu saja? Namun, sebelum Anda memilih untuk menambah RAM pada laptop Anda, lebih baik pastikan dulu apakah meningkatkan RAM memang diperlukan.

Untuk apa biasanya laptop Anda gunakan? Kalau hanya sekadar mengetik tugas sekolah atau mengakses media sosial, tampaknya upgrade RAM tidak terlalu dibutuhkan. Namun, jika laptop digunakan untuk membuat desain, bermain game, atau aktivitas yang mengharuskan Anda menginstal aplikasi berat, meningkatkan RAM sangat dianjurkan.

2. Perhatikan Ambang Batas RAM

Sebelum meningkatkan RAM, Anda perhatikan dulu berapa ambang batas upgrade RAM yang didukung oleh motherboard laptop Anda. Jangan sampai Anda memaksakan untuk meningkatkan RAM menjadi 32 GB, padahal motherboard laptop hanya mendukung sampai 16 GB. Pekerjaan Anda akan jadi sia-sia karena motherboard hanya akan membaca memori yang 16 GB saja.

Untuk mengetahui ambang batas RAM yang didukung oleh motherboard laptop Anda, Anda mungkin bisa mengecek langsung ke situs penyedia motherboard tersebut. Jangan bertanya pada teman Anda yang memiliki laptop dengan merek sama. Walau memiliki merek sama, setiap laptop memiliki spesifikasi dan jenis komponen yang berbeda.

3. Jangan Sampai Salah Pilih RAM

Kalau Anda merupakan pemula dalam hal mengganti atau meningkatkan RAM laptop, ada baiknya Anda mengetahui beda RAM untuk laptop dan komputer. Untuk laptop, RAM yang digunakan merupakan tipe SO-DIMM, sedangkan untuk komputer, RAM yang digunakan adalah tipe DIMM. Jika sampai salah pilih, maka RAM tersebut tak akan kompatibel dengan laptop Anda.

4. Jenis Sistem Operasi yang Anda Gunakan

Ada banyak ragam OS atau sistem operasi yang digunakan dalam laptop, seperti MacOS, Linux, dan Windows. Nah, Anda harus mencocokkan RAM baru yang akan Anda gunakan dengan sistem operasi di laptop Anda. Bahkan perbedaan satuan datanya saja harus Anda perhatikan, antara 32-bit atau 64-bit. Semakin kecil satuan data, maka ambang batas dari RAM pun lebih kecil.

5. Pastikan Tambahan Kapasitas RAM Kompatibel dengan Prosesor

Prosesor dan RAM merupakan dua komponen yang saling mempengaruhi. Prosesor bertugas untuk mengolah dan memproses data, sedangkan RAM digunakan sebagai tempat menyimpannya. Sama seperti sistem operasi, masing-masing prosesor memiliki spesifikasi RAM tersendiri. Tiap laptop biasanya mencantumkan jenis prosesornya, Anda hanya perlu mencari tahu jenis RAM yang cocok.

6. Perhatikan Masa Garansi Laptop Anda

RAM yang termasuk perangkat keras dari komputer, memiliki masa garansi dalam jangka waktu tertentu yang diberikan oleh produsennya. Biasanya, kalau Anda mengutak-atik RAM saat masih dalam masa garansi, maka garansinya otomatis akan hilang. Jika Anda mau memanfaatkan garansi yang diberikan, sebaiknya tunggu saja hingga garansinya habis, baru kemudian upgrade RAM.

Itulah 6 hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk upgrade  RAM laptop Anda. Jika Anda sudah mumpuni di bidang ini, tentu hal ini sudah menjadi makanan sehari-hari untuk Anda. Namun, sebaiknya Anda meminta pengawasan teman yang lebih ahli atau langsung ke teknisi jika ini merupakan percobaan pertama Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *