desain rumah minimalis

Mengenal Kayu Lapis Untuk Desain Rumah Minimalis Low Budget

Gogeline – Proses dekorasi rumah memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Umumnya, orang-orang akan cenderung menggunakan cat untuk mempercantik desain rumah minimalis yang mereka miliki. Memang, cat tergolong sangat bagus karena selain mudah didapatkan, pengerjaan proses dekorasi pun juga cenderung mudah dan hasilnya juga baik.

Namun, selain cat, dekorasi juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan kayu lapis. Ya, kayu lapis bisa dijadikan pilihan lainnya, terutama untuk Anda yang memang ingin memiliki desain rumah yang minimalis yang cenderung lebih klasik namun tetap berkelas. Memang, ide ini tidak diaplikasikan ke semua ruang, namun bisa dijadikan pilihan untuk dekorasi kamar.

desain rumah minimalis

Beberapa Jenis Kayu Lapis Untuk Dekorasi

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis kayu lapis yang bisa Anda pilih untuk proses dekorasi desain rumah yang Anda miliki. Ide ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk membuat dekorasi ruang yang indah namun bisa dikatakan dengan biaya yang tidak terlalu mahal alias low budget.

Nah, sebelum mengaplikasikan ide dekorasi desain rumah yang minimalis ini, ada beberapa jenis kayu lapis yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Beberapa jenis kayu lapis tersebut adalah sebagai berikut:

1. Particle board

Jenis kayu lapis yang pertama adalah particle board. Ini adalah kayu lapis yang dibuat dengan menggunakan serpihan-serpihan kayu sehingga membentuk sebuah papan. Kayu lapis atau tripleks jenis ini sebenarnya memiliki kualitas yang tidak terlalu bagus. Hal ini dikarenakan particle board cukup rentan terhadap air.

Selain itu, dukungan daya pada particle board juga terbaca cukup rendah. Namun, biasanya, particle board cukup sering digunakan untuk bahan baku pembuatan furnitur dengan harga yang cenderung lebih murah.

2. Plywood

Plywood atau multipleks dibuat dengan bahan dasar kulit kayu yang berlapis-lapis dan kemudian di-press menggunakan tekanan yang sangat tinggi. Dengan proses ini, multipleks memiliki tekstur yang cenderung sangat rapat.

Selain itu, apa yang menarik dari papan kayu ini adalah kekuatan pada plywood cenderung tinggi dan juga tahan terhadap air. Nah, bahan ini bisa sangat cocok digunakan untuk dekorasi desain rumah yang minimalis Anda. Jika dirawat dengan baik, maka bahan ini bisa digunakan hingga puluhan tahun lamanya.

3. Block board

Pilihan lain tripleks untuk dekorasi rumah minimalis Anda adalah block board. Block board adalah papan kayu yang tersusun dari tiga lapisan dan digabung menjadi satu. Dalam hal ini, dua lapisan luar dari block board memiliki ketebalan yang cenderung lebih tipis.

Selain itu, bagian dalam dari jenis kayu ini cenderung lebih tebal dan dibuat dengan bahan dasar dari kayu akasia. Penggunaan kayu akasia ini tepat karena memiliki tekstur yang kuat serta solid sehingga kayu yang dibuat tidak dapat dilengkungkan.

4. Teak block

Teak block juga bisa dijadikan salah satu bahan kayu untuk dekorasi desain rumah yang minimalis agar terlihat lebih elegan dan klasik. Nah, teak block ini dibuat dengan lembaran kayu jati yang kemudian ditumpuk menjadi satu.

Jika Anda ingin melapisi dinding atau bahkan ingin membuat dinding pada kamar tidur, dapur atau ruang lainnya, maka teak block bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda pilih. Akan tetapi, secara harga, bisa dikatakan bahwa harga teak block ini cukup mahal.

Nah, demikian beberapa jenis kayu lapis yang cocok untuk Anda gunakan untuk mempercantik desain rumah minimalis Anda. Tentu saja, Anda harus membandingkan beberapa pilihan di atas untuk menemukan jenis kayu lapis yang tepat dan yang sesuai dengan anggaran dana yang Anda siapkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *