cara merawat mobil matic

Ini Dia Cara Merawat Mobil Matic Yang Benar

Gogeline – Masyarakat Indonesia khususnya diperkotaan memang nampaknya lebih suka menggunakan mobil, terlbih khusus lagi mobil jenis matic karena penggunaannya yang cukup mudah tanpa harus menggunakan kopling, namun sayangnya masih banyak juga yang belum mengerti cara merawat mobil matic yang benar agar lebih awet dan tidak gampang rusak.

Mobil Matic adalah salah satu jenis dari kendaraan yang akan memberikan rasa nyaman kepada pemiliknya, Karena sudah dilengkapi dengan transmisi otomatis, sehingga dapat memudahkan anda pecinta mobil. Di Indonesia Mobil Matic memiliki tingkat penjualan yang sangat meningkat.

Beberapa keistimewaan dari mobil matic, diantaranya yaitu : mudah digunakan, karena tidak menggunakan transmisi biasa, sangat cocok bagi pengendara pemula, hal ini seiring dengan sistem mengendarai mobil matic yang hanya berpatokan pada rem dan gas serta recommended bagi wanita, para wanita yang ingin bergaya dengan mengendarai mobil biasanya akan terlihat lebih elegan dan praktis saat menggunakan mobil matic.

Namun Semua kemudahan itu juga harus selalu dirawat, untuk itu berikut kami berikan beberapa Tips Cara Merawat Mobil Matic anda.

cara merawat mobil matic

1. Selalu panaskan mobil

Apabila anda ingin bepergian menggunakan mobil maka anda harus memperhatikan mobil matic anda jadi lakukanlah pemanasan pada mobil anda sebelum berjalan jauh. Ini untuk mendeteksi dini kalo saja ada kerusakan atau kendala mobil sebelum berjalan jauh.

2. Posisi perseneling ternyata penting

  • Pindahkan tuas ke posisi transmisi N, bila mobil berada di Traffic Light. Hal ini sangat berguna untuk mencegah keausan mesin matik. Usahakan jangan gunakan posisi D ketika menginjak pedal rem.
  • Saat parkir, injaklah pedal rem dan tarik rem tangan, serta pindahkan tuas ke posisi transmisiP agar roda terkunci dengan aman. Setelah Anda dapat mematikan mesin.
  • Jangan gunakan tuas dalam posisi transmisi P jika mobil belum berhenti sepenuhnya! Jangan biarkan mobil terparkir dalam posisi D! Jika tidak, maka plat kopling pada mobil matic Anda akan cepat rusak.

3. Service berkala juga penting

Bagi mobil Matic service adalah hal yang sangat diutamakan karena juga untuk mengikuti produsen yang memberikan peraturan untuk service berkala. Mobil matic sangat membutuhkan update tentang kendaraan yang memang sangat di wajibkan oleh produsen untuk setiap pengendara. Ada beberapa bagian yang tak boleh luput saat melakukan service secara berkala, seperti:

  • Oli Mesin

Oli mesin juga sangat penting bagi mobil anda karena adanya keamanan dan kenyamanan tidak hanya melalui service berkala saja tetapi juga dengan pergantian oli mesin maka anda bisa mendapatkan keamanan dan kenyamanan.

  • Oli Perseneling

Dalam perawatan mobil matic memelihara keadaan oli transmisi otomatis nya, maka anda pemilik kendaraan matic wajib mengganti oli transmisi secara berkala dan teratur, karena sudah di ketahui bahwa mobil matic minimal 25.000 km dan berada di angka maksimal 50.000 km maka sudah diwajibkan mengganti oli transmisi.

  • Minyak Rem

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat merawat mobil matik ialah minyak rem. Cairan tersebut mampu menyerap kelembapan.  Umumnya, minyak rem pada mobil mampu bertahan hingga sekitar tiga tahun. Namun, masih banyak beberapa orang tidak memperhatikan minyak rem dan menggantinya. Padahal, minyak rem merupakan salah satu bagian dari sistem tertutup mobil dan tidak seharusnya habis.

Nah itulah beberapa tips untuk merawat mobil matic agar ferformanya tetap terjaga. Dengan rutin merawat mobil matic, kalian bisa mempertahankan kenyamanan anda saat berkendara sekaligus mengurangi resiko biaya yang membengkak apabila terjadi kerusakan yang tak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *