cara membuat whipping cream

Ini 5 Langkah Membuat Whipping Cream Yang Mudah

Gogeline – Jenis kue manis atau juga lebih dikenal dengan sebutan cake merupakan bolu yang identik dengan tumpukan dan lapisan krim dibagian dalam dan luarnya, krim tersebut bernama whipping cream. Whipping cream alias krim kocok ini terbuat dari campuran krim kental, gula, dan bisa juga diberi tambahan susu.

Seperti kamu ketahui, whipping cream kerap digunakan sebagai penghias dessert. Namun justru banyak orang yang berusaha menghindarinya, karena whipping cream dianggap bisa membuat gemuk. Jika kamu pun beranggapan demikian, kamu mungkin masih belum mengetahui perbedaan antara whipping cream dan heavy cream.

Perbedaan keduanya terletak pada kandungan lemak didalamnya. Kandungan lemak didalam heavy cream lebih banyak dibandingkan dengan whipping cream. Jadi, kamu jangan takut akan gemuk setelah makan whipping cream.

Selain tidak membuat gemuk, ternyata masih ada sejumlah manfaat whipping cream antara lain :

cara membuat whipping cream

  • Meningkatkan Energi

Whipping cream bermanfaat sebagai penambah energi yang sangat baik. Jadi, jika kamu sedang kehilangan energi, kamu bisa tambahkan whipping cream diatas buah favoritmu.

  • Membantu Kesehatan Tulang

Umumnya setiap produk susu mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Salah satunya yaitu whipping cream. Kombinasi vitamin dan mineral pada whipping cream pun sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

  • Mengurangi Stress Secara Efektif

Kamu mungkin pernah alami saat sedang stress berat, namun tiba – tiba setelah makan dessert dengan whipping cream diatasnya, kamu langsung jadi rileks. Hal tersebut memang benar, karena whipping cream mengandung asam pantotenat yang mampu memproduksi hormon tertentu yang membuat rileks.

Jika biasanya kamu membeli whipping cream instan atau yang sudah siap pakai, tidak ada salahnya sesekali kamu coba membuat whipping cream sendiri di rumah agar hasil kue buatan kamu lebih memuaskan.

Bingung bagaimana cara membuat whipping cream? Kamu bisa ikuti 5 cara membuat whipping cream yang mudah dibawah ini :

1. Pakai Susu Bubuk Dan Susu Kental Manis Sebagai Pengganti Bubuk Whip Cream

Kamu tak usah sedih jika di toko kue dekat rumah kamu tidak ada bubuk whip cream instan. Karena kamu bisa menggantinya dengan susu kental manis dan susu bubuk. Dua bahan tersebut sudah bisa menggantikan bubuk whip cream instan. Jika kamu suka rasa manis yang kuat, bisa tambahkan gula bubuk juga.

2. Jangan Lupa Gunakan Es Batu

Kunci keberhasilan pembuatan whipping cream adalah pada penggunaan es batu saat proses pengocokannya. Namun agar tetap rapi dan tingkat keberhasilannya mencapai 100%, pakai tekstur es batu yang masih setengah jadi, yang mana tidak terlalu cair namun juga tidak terlalu keras dan padat.

3. Beri Tambahan SP Sebagai Pengental

Kekentalan whipping cream tidak akan tercipta sempurna tanpa adanya bantuan SP. Bahan tambahan pada kue ini berfungsi sebagai peng-emulsifier yang akan membantu kocokan susu, es batu, serta gula menjadi padat dan lebih kencang.

4. Pakai Tambahan Es Batu Dibawah Wadah Adonan

Tujuan memakai wadah es batu dibawah wadah pengocok bahan adalah agar suhu tetap stabil. Kondisi dingin akan membuat whipping cream semakin cepat mengental dan akhirnya tekstur whipping cream pun jadi sempurna seperti whipping cream yang biasa dijual dipasaran.

5. Simpan Whipping Cream Di Kulkas Agar Teksturnya Semakin Kencang

Sebelum digunakan, sebaiknya whipping cream disimpan terlebih dahulu didalam kulkas. Tujuannya adalah agar saat dipakai tekstur whipping cream akan lebih menyatu dan kencang. Kemudian diamkan whipping cream setidaknya 1 – 2 jam sebelum digunakan jika ingin hasil yang lebih maksimal.

Sekarang, kamu sudah bisa membuat kue lengkap dengan whipping cream homemade yang rasanya bisa ditentukan sendiri sesuai selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published.