cara presentasi

Cara Presentasi yang Efektif dan Menarik Peserta

Gogeline – Menemukan cara presentasi yang efektif dan tepat adalah hal yang begitu penting, terutama untuk Anda yang bekerja untuk kalangan profesional. Ya, presentasi hampir pasti selalu menjadi pekerjaan yang dihadapi, terutama untuk memberikan penjelasan pada klien atau rekan kerja.

Nah, dengan cara presentasi yang efektif, materi akan bisa disampaikan dengan lebih baik dan tentu saja peserta yang mendengarkan akan mendapatkan informasi yang utuh. Meskipun terdengar cukup simple, namun masih banyak presenter –sebutan untuk seseorang yang melakukan presentasi, tampak gugup dan tidak bisa menyampaikan materi dengan baik.

Lantas, bagaimana cara untuk melakukan presentasi yang baik? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

cara presentasi

Beberapa Cara Menghadirkan Presentasi yang Baik

Perlu diketahui bahwa presentasi bukan hanya sekadar mental untuk bertemu dengan orang banyak, tetapi juga strategi dalam menyampaikan materi. Dengan strategi yang tepat inilah nantinya Anda bisa menyampaikan materi dengan baik dan mudah dipahami.

Lantas, bagaimana cara untuk presentasi yang efektif?

1. Menggunakan pembuka yang menarik

Pembuka presentasi bisa dikatakan sebagai roh dari presentasi. Jika di fase ini Anda berhasil, maka bisa jadi bagian-bagian presentasi selanjutnya akan bisa dilalui dengan baik pula. Nah, terkait pembuka, berusahalah untuk membuka presentasi dengan menarik di mana bisa menarik perhatian pendengar.

Dalam hal ini, ada beberapa strategi yang bisa digunakan untuk memberikan pembuka yang baik, seperti memberikan pertanyaan, menampilkan video atau lainnya. Tentu, peserta yang berbeda bisa jadi memerlukan strategi yang berbeda. Oleh karenanya, berusahalah untuk mengenali siapa audience Anda.

2. Perhatikan komunikasi non verbal

Presentasi tidak hanya tentang komunikasi verbal antara pembicara dan pendengar. Untuk memberikan penekanan pada bagian informasi atau isi yang akan disampaikan, menggunakan bahasa non-verbal adalah salah satu cara yang tepat.

Oleh karenanya, dalam hal ini, Anda harus memperhatikan komunikasi non-verbal dalam setiap presentasi yang diberikan. Terkadang, mimik wajah dan ekspresi juga menjadi salah satu pertimbangan kenapa audience akan mendengarkan presentasi Anda dari awal hingga akhir.

3. Perhatikan intonasi dan juga suara

Kekuatan presentasi sebenarnya bukan hanya terletak pada slide atau informasi yang ditampilkan. Lebih dari itu, suara Anda sebagai presenter tentu akan menjadi kekuatan tersendiri. Dengan suara serta intonasi yang tepat, maka presentasi bisa berjalan dengan lancar dan juga informasi bisa dipahami dengan baik.

Nah, dalam hal ini, salah satu cara presentasi yang penting adalah memperhatikan intonasi serta suara saat memberikan presentasi. Usahakan untuk menjelaskan isi dari informasi yang akan Anda bagikan dengan jelas dan hindari penyampaian yang terkesan terburu-buru ataupun terlalu bertele-tele.

4. Hindari menjelaskan sesuai slide

Sebenarnya, slide hanyalah pembantu dalam presentasi. Roh dari presentasi adalah bagaimana Anda memberikan penjelasan pada informasi yang tertulis di bagian slide tersebut. Oleh karenanya, hindari untuk membuat slide yang mengandung terlalu banyak informasi atau Anda hanya mempresentasikan apa yang Anda tulis di bagian slide tadi.

Nah, beberapa hal di atas adalah bagaimana cara yang bisa dilakukan saat Anda hendak melakukan presentasi dengan efektif dan tepat. Tentu saja, cara di atas hanya sebagian saja yang bisa Anda lakukan.

Untuk mendapatkan hasil presentasi yang maksimal, pahami dan terapkan beberapa cara presentasi di atas. Selain itu, Anda juga bisa memperkaya referensi dengan melihat video-video seseorang yang ahli dalam presentasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *