penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Waspadai 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri di Tangan Kotor

Gogeline – Lalai membersihkan tangan yang kotor, dapat menyebabkan tubuh Anda terinfeksi oleh bakteri. Bakteri paling sering menginfeksi tubuh, ketika Anda makan menggunakan tangan yang sebelumnya tidak dicuci bersih dulu. Tak hanya satu saja, namun ada beragam penyakit yang disebabkan oleh bakteri tersebut. Berikut ulasan penyakitnya untuk Anda.

penyakit yang disebabkan oleh bakteri

1. Diare

Diare merupakan penyakit yang sangat rentan dialami oleh orang yang tak menjaga kehigienisan tangannya. Ada beragam penyebab diare, namun yang paling umum adalah infeksi dari bakteri Salmonella. Salmonella menetap di tangan yang tidak dibersihkan dengan baik setelah buang air besar, menyiapkan makanan, dan menyentuh perkakas dapur yang kotor.

Saat Anda terkena diare, gejala yang mungkin Anda alami seperti kembung, keram, menceret, mual, dan juga muntah. Bahkan pada tahap yang lebih serius, Anda akan mengalami demam tinggi, berat badan yang turun drastis, serta tinja yang bercampur darah. Infeksi bakteri yang mengakibatkan diare, juga akan membuat Anda kehilangan banyak cairan atau dehidrasi.

2. Disentri

Selanjutnya, bagi orang yang malas cuci tangan, maka dia akan rentan terkena penyakit disentri. Disentri merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh Anda terinfeksi bakteri Shigella. Bakteri penyebab disentri bekerja dengan menginfeksi saluran kencing Anda. Jika infeksi ini dibiarkan saja tanpa diobati, infeksi bisa menjalar hingga ke usus besar.

Jika terkena disentri, maka Anda akan merasakan keram perut, mulai yang terasa ringan hingga sangat sakit. Anda juga akan mengalami diare, di mana tinja yang dikeluarkan bercampur darah dan juga lendir. Infeksi bakteri penyebab disentri banyak terjadi di negara berkembang, seperti Indonesia. Minum air yang cukup dapat membantu pemulihan tubuh dari penyakit disentri.

3. Infeksi Saluran Kencing (Urinary Tract Infection)

Bakteri Escherichia Coli merupakan bakteri yang hampir selalu hadir di tangan yang kotor dan tak dicuci bersih sebelum digunakan. Jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli adalah penyakit infeksi saluran kemih atau urinary tract infections (UTIs). Berdasarkan penelitian, sekitar 40% wanita di dunia akan menderita UTI semasa hidupnya.

Infeksi saluran kencing terjadi ketika Escherichia Coli menginfeksi bagian dari sistem saluran kencing, seperti ginjal, ureter, uretra, dan kandung kemih. Gejala yang terasa ketika Anda infeksi ini terjadi adalah sakit ketika kencing, warna urine yang mencolok, dan baunya pun sangat kentara. Wanita biasanya merasa sakit pada bagian pinggulnya ketika infeksi ini terjadi.

4. Radang Tenggorokan

Terakhir ada bakteri Streptococcus yang berpotensi menginfeksi tenggorokan dan amandel Anda, sehingga menyebabkan terjadinya radang. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh Streptococcus sangat rentan menyerang anak-anak. Jika tak langsung diberikan pengobatan, maka infeksi bakterinya bisa meluas hingga menyebabkan radang ginjal dan demam reumatik.

Timbulnya bintik-bintik kecil berwarna merah pada langit-langit rongga mulut bagian belakang, merupakan gejala dari radang tenggorokan. Selain itu, tenggorokan Anda juga akan terasa sakit, terutama saat menelan makanan. Bagian amandel akan berubah warna menjadi merah dan membengkak. Semua gejala ini biasanya timbul disertai dengan pusing dan demam.

Itulah tadi 4 penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang hidup di tangan yang kotor. Pada tangan yang kotor, terdapat miliaran bakteri jahat yang siap menginfeksi Anda kapan pun. Oleh karena itu, Anda harus rutin mencuci tangan dengan sabun, agar bakteri jahat bisa terbasmi. Anda tentu tak mau kesehatan jadi terancam, karena gaya hidup Anda yang tak bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *