cara menyimpan cartridge printer

Tips Menyimpan Tinta Cartridge saat Sedang Tak Digunakan untuk Mencetak

Gogeline – Menggunakan printer hemat tinta adalah keputusan tepat bagi Anda yang sehari-harinya perlu mencetak dokumen dalam jumlah banyak. Selain menekan biaya pengeluaran, perangkat seperti ini akan menghasilkan cetakan berkualitas. Apalagi kalau Anda memilih printer dari Brother yang bisa dilihat pada tautan berikut ini https://www.brother.co.id/id-id/products/all-printers/printers?fr=inksaving

Selain memilih printer dari produsen berkualitas, Anda juga perlu memerhatikan perawatan tinta cartridge, terutama saat ia sedang tidak digunakan. Jika printer bertinta cartridge Anda sedang tidak digunakan, begini cara menyimpan tintanya:

cara menyimpan cartridge printer

  • Cartridge disimpan tegak lurus

Entah sudah dikeluarkan atau masih ada dalam kardus, pastikan cartridge disimpan dalam posisi tegak lurus. Beberapa produsen mengatakan cara tersebut adalah salah satu trik yang bakal menjaga tinta agar tak cepat kering. Selain itu, kalau ditaruh menyamping, tinta berisiko bocor atau tumpah karena berdekatan dengan lubang.

  • Masukan cartridge ke wadah kedap udara

Cartridge sudah dikeluarkan dari kemasan? Jika belum akan dipakai dalam waktu terdekat, simpan cartridge di dalam wadah plastik kedap udara. Masukkan juga kertas atau potongan kain kering untuk mencegah kelembapan. Langkah ini bertujuan untuk menjaga penutup cartridge agar tak mengalami kerusakan sebelum digunakan untuk mencetak dokumen.

  • Taruh cartridge di dalam kantung tertutup

Alasan lain yang membuat cartridge wajib disimpan dalam tempat atau wadah kering adalah untuk menjaga bagian print head tetap basah. Mengingat kontrol kelembapan menjadi faktor utama dalam penyimpanan, pastikan cartridge yang baru dibeli tetap disimpan pada kantung tertutup. Kencangkan untuk mencegah udara masuk.

  • Sediakan tempat kering dan sejuk

Hal lain yang harus diperhatikan untuk menjaga kualitas tinta dalam cartridge tetap baik adalah menjaga temperatur ruangan. Oleh karena itu, bersama printer yang Anda beli, tempatkan cartridge di ruangan berventilasi yang mengalirkan udara segar secara teratur. Jika tinta kena suhu ekstrem, kualitas cetakan pasti akan menurun.

  • Jauhkan dari sinar matahari langsung

Selanjutnya, jauhkan cartridge berisi tinta dari paparan sinar matahari langsung. Langkah simpel ini akan membuat tinta awet dalam waktu lama, bahkan sampai enam bulan untuk cartridge yang sudah terbuka atau dipakai. Sementara cartridge baru yang belum dipakai dapat bertahan hingga maksimal dua tahun.

  • Pastikan tinta masih bisa dipakai

Ingin memakai tinta yang sudah cukup lama disimpan? Sebelum benar-benar digunakan untuk mencetak dokumen dalam jumlah tertentu, lakukan tes terlebih dulu. Pasalnya, langsung memakai tinta pada cartridge yang sudah mengalami penurunan kualitas tak hanya riskan merusak hasil cetakan, melainkan juga komponen dalam printer.

Satu lagi, beli tinta maupun cartridge dari toko resmi. Meski tinta cartridge palsu atau bekas masih bisa digunakan, kualitas yang tak sebagus versi asli tetap berisiko mengganggu performa printer. Akibatnya, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli tinta sekaligus memperbaiki printer tersebut. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *