Sukanto Tanoto Tingkatkan Pendapatan Keluarga Sebagai Kunci Penanggulangan Kemiskinan

Gogeline – Sukanto Tanoto merupakan salah seorang pebisnis yang sudah cukup sukses dalam mendirikan perusahaan multinasional bernama Royal Golden Eagle (RGE). Unit bisnis Sukanto Tanoto tersebut bergerak di bidang pengelolaan sumber daya alam. Sebagai salah satu perusahaan multinasional, perusahaan yang dulunya bernama Raja Garuda Mas ini punya banyak sekali wilayah operasi yang tersebar di beberapa negara di dunia, seperti Indonesia, Brazil, Kanada, Tiongkok, dan Finalandia.

Awalnya Sukanto Tanoto adalah salah seorang pengusaha bengkel suku cadang yang suplai berbagai kebutuhan perusahaan minyak, juga konstruksi yang ada di sekitar bengkelnya tersebut. Sukanto Tanoto memulai bisnisnya ini sejak 50 tahun lalu, di sebuah ruko yang berukuran kecil di Medan. Sebagai pebisnis yang visioner, Sukanto masuk ke dunia bisnis kayu lapis di tahun 1967. Dengan kesuksesannya yang didapatkannya tersebut Sukanto Tanoto kemudian mencoba memberanikan diri untuk mendirikan jenis bisnis lain, tetapi masih ada dalam bidang yang sama, yakni sumber daya alam, seperti kehutanan, kelapa sawit, pulp and paper, juga pembangkit tenaga listrik.

Kini unit bisnis yang dimiliki Sukanto Tanoto jadi bisnis global yang memiliki aset lebih dari 15 miliar dollar AS, dengan jumlah tenaga kerja 60 ribu karyawan lebih. Bisnis yang ada dalam naungan Royal Golden Eagle diantaranya APRIL Group, Asian Agri dan Apical, Sateri International, dan Pacific Oil & Gas. Dan berikut ini akan kami informasikan kepada Anda tentang langkah Sukanto Tanoto dalam meningkatkan pendapatan keluarga sebagai salah satu kunci paling tepat untuk menanggulangi kemiskinan yang ada. Mari di simak ulasan selengkapnya.

Perlu untuk diketahui bahwa Rusman Effendi adalah salah satu petani sawit yang tinggal di kabupaten Pelalawan, Riau. Hasil panen sawit yang didapatkan dari kebunnya adalah satu – satunya sumber mata pencaharian yang jadi tulang punggung ekonomi keluarga. Yang ada dalam pikirannya adalah bagaimana caranya ia bisa tingkatkan hasil panen dari kebunnya, sehingga pendapatannya bisa terus ditingkatkan.

Kesempatan datang pada saat Tanoto Foundation dukung para petani kelapa sawit seperti dirinya untuk lebih berdaya lagi dalam meningkatkan penghasilan. Lewat berbagai kegiatan pendampingan dan juga pembimbingan, Rusman kini bisa rasakan adanya perubahan dalam kehidupannya. Jika dulu ia harus menempuh jarak yang cukup jauh hanya untuk menjual hasil kelapa sawitnya, bahkan terkadang buah jadi busuk di tengah jalan. Namun kini ia lebih mudah lagi menjual produknya, belum lagi ia mendapat pendampingan serta pelatihan dari Tanoto Foundation untuk jalankan sistem pertanian yang baik. Kini hasil panennya terus meningkat.

Dukungan yang diberikan terhadap peningkatan perekonomian keluarga ternyata juga turut dirasakan oleh Yusfaini. Sebelumnya ia hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa, dan tidak tahu harus bagaimana untuk bisa membantu suaminya mencari tambahan penghasilan. Kini Yusfaini bisa membatik dengan baik dan memasarkan hasil batiknya atas dukungan dari Tanoto Foundation pula.

Dari awalnya tidak bisa apa – apa, kini Yusfaini bisa membatik berkat pelatihan yang diberikan oleh Tanoto Foundation yang masih ada dalam naungan Sukanto Tanoto. Yusfaini bahkan juga dibantu untuk memasarkan produk batiknya. Hasilnya cukup untuk sekadar menambah penghasilan suaminya. Dukungan yang diberikan Sukanto Tanoto terhadap para petani dan usaha kecil merupakan salah satu program Tanoto Foundation di bidang pemberdayaan masyarakat. Tanoto Foundation ini didirikan Sukanto Tanoto bersama istrinya yang bernama Tinah Bingei Tanoto yang memiliki visi sebagai penanggulangan kemiskinan lewat 3 kegiatan, yakni pendidikan, pemberdayaan masyarakat, serta peningkatan kualitas hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *