guna oli mesin

Selain Tahu Guna Oli Mesin, Anda Juga Harus Tahu Tips Memilih Oli Mesin Ini

Gogeline – Oli mesin adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam kendaraan. Guna oli mesin ini yaitu sebagai pelumas mesin kendaraan supaya mesin bisa tetap bekerja dengan mulus dan optimal, serta mencegah adanya gesekan-gesekan antar mesin. Selain itu oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin mesin dan pencegah karat. Dalam oli mesin terdapat senyawa yang bisa mencegah karat sehingga akan menjaga mesin tetap bekerja dengan baik.

Sebagai pemilik kendaraan pastinya Anda harus rajin mengganti oli mesin agar mesin tetap terawat dan awet pastinya. Pastikan juga Anda jangan sampai salah pilih oli mesin karena jika memilih sembarang oli bisa membuat kinerja mesin menurun. Pastinya Anda tidak mau bukan kalau mesin kendaraan cepat rusak, oleh karena itu Anda harus tahu guna oli mesin dan bagaimana memilih oli mesin yang cocok untuk kendaraanmu.

guna oli mesin

Memilih Oli Mesin

Nah berikut adalah tips memilih oli mesin agar Anda tidak sampai salah pilih. Yuk simak lebih lanjut ulasan berikut ini.

1. Pahami karakter mesin

Sebelum Anda memilih oli mesin yang cocok untuk kendaraan pastikan dulu kalau Anda memahami karakter mesinnya. Biasanya saat membeli kendaraan Anda akan diberi manual book yang berisi spesifikasi mesin dan jenis oli yang tepat untuk mesin.

Nah Anda bisa memilih oli mesin yang dianjurkan di manual book, tidak perlu mencari merek yang bagus dan mahal karena yang paling penting adalah kecocokan dengan mesinnya. Kalau mesin dan olinya cocok maka kerja mesin akan lebih optimal.

2. Kekentalan oli

Setelah mengetahui karakter dari mesin kendaraan, pilih oli mesin yang memiliki kandungan yang sesuai dengan karakter mesin. Biasanya perbedaan tersebut bisa dilihat dari kekentalan dari oli mesin tersebut. Semakin kental cairan oli maka semakin bagus untuk kerja mesin.

3. Pahami bahan pembuatan oli

Oli mesin ada dua jenis yaitu oli sintetis yang dibuat dari bahan-bahan kimia dengan sifat aditif, dan juga oli mineral yang dibuat dari ekstraksi minyak bumi. Kelebihan dari oli sintetis yaitu memiliki kadar penguapan yang lebih rendah karena bekerja stabil jika pada suhu tinggi. Selain itu oli sintetis juga lebih tahan gesekan dan bisa melumasi mesin dengan sangat baik.

4. Hindari oli palsu

Sekarang banyak orang-orang dengan curang membuat oli abal-abal dan diedarkan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Perhatikan baik-baik jangan sampai Anda membeli oli palsu yang tidak terjamin kualitasnya karena akan merugikan Anda sendiri. Jika mesin kendaraan Anda beri oli abal-abal pastinya kinerja mesin tidak akan optimal dan bisa membuat mesin cepat rusak.

Nah sekarang Anda sudah paham kan guna oli mesin dan tips bagaimana memilih oli mesin yang berkualitas. Pastikan Anda rajin mengganti oli mesin karena meskipun Anda memilih oli yang mahal dengan kualitas terbaik tetapi jika tidak rutin diganti akan tetap menurunkan kinerja mesin itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *