Resep Ayam Saus Tiram yang Legit dan Menggigit

Gogeline – Bosan dengan ayam yang dimasak itu-itu saja? Digoreng, dibakar, atau disup? Kenapa tidak coba resep baru? Ada banyak resep olahan ayam yang enak seperti ayam saus tiram. Bahan resep ayam saus tiram ini cukup mudah didapat dan cara mengolahnya pun mudah. Rasanya? Dijamin legit dan menggigit? Mau coba? Cek di sini!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat ayam saus tiram yang lezat dan menggigit untuk keluarga kecil, Anda membutuhkan bahan-bahan di bawah ini. Bahan-bahan tersebut bisa disajikan untuk 6 porsi. Bila ingin menambahkan porsinya, cukup lipatgandakan saja bahan yang digunakan.

  1. ½ ekor ayam. Potong sesuai selera.
  2. ½ buah jeruk nipis. Peras dan ambil airnya.
  3. Minyak untuk menggoreng
  4. 1 siung bawang bombai. Iris memanjang.
  5. 1 siung bawang putih. Memarkan.
  6. 1 ruas jahe. Haluskan.
  7. 2 buah cabe merah. Iris memanjang
  8. 4 sdm saus tiram
  9. 2 sdm saus sambal
  10. 3 sdm kecap manis
  11. 100 ml air
  12. ½ sdt lada bubuk
  13. 1 sdt garam
  14. ½ gula pasir

Langkah Membuat Ayam Saus Tiram

Untuk langkah membuat ayam saus tiram yang enak, Anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini. Untuk lama waktu memasak yang diperlukan untuk ayam saus tiram hingga selesai dan siap santai adalah 30 menitan. Jadi, tidak terlalu lama.

  1. Cuci bersih ayam yang telah dipotong-potong. Setelah bersih, lumuri dengan perasan air jeruk nipis agar tak amis. Diamkan beberapa saat. Sisihkan.
  2. Siapkan wajan. Masukkan minyak dan panaskan.
  3. Masukkan ayam ke dalam minyak panas dan masak hingga setengah matang. Jika sudah, angkat dan tiriskan. Sisihkan terlebih dulu.
  4. Pada tempat terpisah, siapkan bawang putih, bawang bombai, jahe dan cabe merah yang telah dimemarkan, diiris dan dihaluskan. Panaskan wajan. Tumis semua bumbu tersebut hingga harum.
  5. Setelah itu, masukkan saus tiram, saus sambal, kecap manis dan air secukupnya. Aduk hingga rata.
  6. Jika sudah, untuk bahan resep ayam saus tiram selanjutnya adalah masukkan ayam yang telah ditiriskan tadi. Aduk sebentar.
  7. Setelah itu, masukkan lada, gula dan garam. Aduk hingga rata.
  8. Koreksi rasanya. Bila ada yang dirasa kurang, silahkan tambahkan.
  9. Masak ayam tersebut hingga kuahnya mengental lalu angkat.
  10. Hias dengan bahan seperlunya seperti daun seledri dan tomat.
  11. Ayam saus tiram yang legit dan menggigit siap disajikan.

Tips Membuat Ayam Saus Tiram

Agar ayam saus tiram Anda menjadi legit dan menggigit rasanya, ada tips yang harus Anda ikuti ketika memasaknya. Pertama, takaran saus sambal dan cabe harus disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan atau sesuaikan dengan selera Anda. Selain itu, baiknya Anda juga menggunakan wajan yang anti lengket dan tak mudah tergores saat menggoreng.

Sebab, bila ayam tersebut lengket di wajan, pertama akan mengurangi estetika tampilannya. Ayam tersebut akan memiliki tampilan yang bolong-bolong. Kedua, tentu saja rasanya juga akan berpengaruh. Satu lagi, untuk hasil yang lebih legit, Anda bisa mengganti minyak goreng untuk menumis dengan mentega.

Itulah cara membuat ayam saus tiram yang legit dan menggigit. Bahan resep ayam saus tiram ini mudah dicari. Anda bisa mendapatkan sajikan yang lezat dengan bahan-bahan sederhana tersebut. Perlu resep lain untuk menu makanan Anda? Cek di endeus.tv dan praktikkan berbagai resep yang bisa Anda temukan di sana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *