penyakit ispa

Mengenali Tanda Serta Gejala Penyakit ISPA

Gogeline – Tentu Anda sudah pernah mendengar istilah ISPA, bukan? Ya, ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup serius. Seperti namanya, penyakit ISPA menyerang sistem pernafasan seseorang. Dengan sistem pernafasan yang terserang gangguan ini, seseorang akan cenderung sesak napas.

Perlu diperhatikan bahwa gangguan kesehatan ini menyerang beberapa organ di dalam tubuh. Secara umum, ISPA dibagi menjadi dua, yaitu ISPA aras yang menyerang hidung, sinus dan juga tenggorokan. Selain itu, ada pula ISPA bawah yang menyerang paru-paru serta bronkus.

penyakit ispa

Beberapa Penyebab ISPA

Ada beberapa penyebab dari gangguan penyakit ISPA yang sebaiknya diwaspadai. Penyebab ini nantinya juga akan berpengaruh pada efek yang ditimbulkan dari gangguan ini. Secara umum, ISPA disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Seringkali, ISPA ini juga muncul dengan tanda batuk dan pilek sehingga seringkali tidak disadari oleh penderita.

Hal lain yang cukup penting untuk diketahui dari ISPA adalah ternyata ISPA merupakan gangguan kesehatan yang menular. Dari beberapa sumber dikatakan bahwa ISPA bisa menular dengan beberapa cara. Seseorang yang menderita gangguan kesehatan ini bisa menularkan virus atau bakteri ISPA melalui lendir yang keluar saat mereka bersin dan batuk.

Lendir tersebut nantinya akan menempel atau terhirup oleh orang lain. Mereka yang sedang memiliki sistem kesehatan tubuh yang kurang baik akan cepat untuk tertular.

Selain itu, penularan gangguan kesehatan ini juga bisa terjadi karena adanya kontak langsung. Misalnya saja, seseorang yang menderita ISPA menyentuh hidung dan kemudian lendir tersebut menempel. Nah, lendir yang menempel pada suatu objek tadi akan menjadi biang masalah penularan ISPA.

Beberapa Gejala ISPA yang Muncul

Ada beberapa gejala penyakit ISPA yang muncul dan menjadi tanda dari gangguan ini. Biasanya, gejala-gejala tersebut akan muncul sekitar 3 hari setelah seseorang terkena virus ISPA. Adapun beberapa gejala umum dari gangguan kesehatan ini adalah sebagai berikut:

  • Hidung tersumbat atau pilek yang parah
  • Tenggorokan yang terasa sakit
  • Batuk yang tidak kunjung sembuh
  • Rasa pegal yang tidak kunjung hilang pada tubuh
  • Sakit kepala yang muncul tiba-tiba
  • Bersin yang tidak kunjung hilang
  • Demam ringan pada tubuh
  • Nafsu makan yang turun dengan drastis

Beberapa tanda tersebut harus diwaspadai, terutama jika dibarengi dengan napas yang tidak lancar. Jika beberapa tanda tersebut muncul dan tidak kunjung hilang, maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan untuk mencegah kondisi yang cenderung lebih buruk.

Penanganan Pada Penderita ISPA

Ada beberapa penanganan pada penderita ISPA yang akan dilakukan. Penanganan ini akan dibedakan secara spesifik tergantung dari penyebab dan gejala yang dialami. Namun, secara umum, beberapa penanganan yang dilakukan untuk mengatasi ISPA adalah sebagai berikut:

  • Pemberian obat turun panas dan juga obat anti nyeri. Pemberian ini digunakan untuk mengatasi keluhan demam yang muncul, sakit kepala ataupun rasa pegal yang muncul di dalam tubuh
  • Pemberian obat pereda pilek yang bisa diberikan dengan cara semprotan langsung ke hidung atau obat oral
  • Pemberian pereda batuk untuk menyembuhkan batuk yang muncul
  • Pemberian antibiotik yang ditujukan untuk mengatasi infeksi yang timbul karena ISPA

Nah, demikian beberapa ulasan tentang ISPA yang perlu Anda ketahui. Bisa dikatakan bahwa ISPA bukan merupakan gangguan kesehatan sepele dan harus segera mendapatkan pengobatan.

Selain itu, upaya pencegahan terkait penyakit ISPA harus dilakukan dengan baik. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *