gambar gizi seimbang

Memahami Gambar Gizi Seimbang untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Gogeline – Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh asupan gizi. Oleh sebab itu, memahami gizi seimbang dengan baik dapat membantu Anda sebagai orang tua dalam mengawal tumbuh kembang anak. Guna memahami lebih jauh, berikut gambar gizi seimbang serta penjelasannya untuk Anda.

gambar gizi seimbang

Apa Itu Gizi Seimbang?

Gizi seimbang merupakan konsep pemenuhan kebutuhan jumlah gizi yang disesuaikan dengan golongan usia, jenis kelamin, kesehatan, serta aktivitas fisik. Selain itu, pemenuhan gizi juga harus memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan ideal.

Gizi Seimbang umumnya dibuat dalam bentuk gambar piramida agar mudah dipahami. Di indonesia sendiri gambar gizi seimbang dibuat berbentuk tumpeng. Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) secara berurutan dari yang paling besar terdiri atas air, golongan karbohidrat, golongan sayur dan buah, golongan protein dan gula, garam, serta minyak.

Luas potongan tumpeng menunjukan jumlah yang harus dikonsumsi seseorang setiap harinya.  DI bbagian bawah TGS juga terdapat prinsip gizi seimbang lain, yaitu pola hidup aktif dengan berolahraga, menjaga kebersihan dan pemantauan berat badan.

Mengapa Gizi Seimbang Penting Bagi Anak?

Asupan makanan merupakan sumber utama dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak guna mendukung tumbuh kembang yang optimal. Selain itu, gizi seimbang juga bertujuan pencapaian kesehatan anak yang paripurna, mulai dari kesehatan fisik, metnal dan sosial. Hal ini sejalan dengan Millenium Development Goals (MDGs) yang dicanangkan UNICEF sejak 2015 lalu.

Asupan Gizi yang terpenuhi, akan menghindari anak dari berbagai masalah tumbuh kembang, seperti malnutrisi, stunting dan obesitas. Status gizi dan kesehatan anak dapat dilihat dari penampilan umum—tinggi dan berat badan—tanda fisik, motorik, emosi dan kognisi anak.

Tips Memberikan Gizi Seimbang pada Anak

Memastikan anak mendapat gizi seimbang tidak sekedar menyediakan kebutuhan makanan layaknya orang dewasa. Ada beberapa tips guna memastikan asupan gizi harian anak terpenuhi dengan baik, antara lain sebagai berikut.

1. Tepat Jenis

Kenalkan anak dengan beragam jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya sejak dini, seperti karbohidrat, protein, sayur, buah dan lemak omega-3. Pemberian makanan yang beragam dapat mencegah anak menjadi picky eater di kemudian hari.

Anda bisa mengganti menu makanan setiap hari, misal untuk karbohidrat Anda bisa memilih nasi, roti, mie atau kentang, begitupun dengan jenis nutrisi lainya. Namun, untuk protein hewani dan nabati jangan diberikan secara bergantian, melainkan disajikan bersamaan dengan variasi makanan yang berbeda.

2. Tepat Jumlah

Guna mempermudah mengatur jumlah makanan, Anda bisa menggunakan ukuran tangan anak sebagai acuan. Porsi yang disarankan adalah karbohidrat satu kepalan erat, buah satu kepalan tangan, protein hewani satu telapak tangan tanpa dikepal, sayuran sebanyak dua telapak tangan yang disatukan dan lemak seujung jempol anak.

3. Tepat Jadwal

Hal ini yang paling sering diabaikan oleh orang tua saat memberikan makanan pada anak adalah jadwal. Umumnya hal ini terjadi karena alasan orang tua yang enggan repot, sehingga anak dipaksa mengikuti jadwal makan orang tua. Pemberian makan yang tidak teratur dapat menyebabkan terjadinya obesitas dan picky eater pada anak.

Usahakan memberikan makan pada anak secara teratur—3 kali sehari—dan jangan mengubahnya, baik lebih maupun kurang. Begitu juga jam makan, jika biasanya anak makan jam 7 pagi, berikan makan pada waktu tersebut. Jangan karena orang tua bangun lebih pagi, anak dipaksa makan lebih awal. Hal ini akan mengganggu jam biologis anak.

Itulah penjelasan singkat tentang gambar gizi seimbang pada anak. Selain memastikan asupan gizi anak terpenuhi, perhatikan juga faktor lainnya, seperti asupan air, olahraga dan kebersihan guna menjamin tumbuh kembang buah hati Anda berjalan optimal. Informasi seputar parenting dan kesehatan anak lainnya bisa anda baca di Dancow Parenting Center di laman dancow.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *