cara menghilangkan bau prengus kambing

Manfaat Daging Kambing dan Cara menghilangkan Bau Prengus Kambing

Gogeline – Daging merah seperti daging kambing sangat populer dan banyak disukai orang karena rasanya yang unik dan juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui orang. Diketahui bahwa daging kambing ini memiliki berbagai nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia. 

Diketahui bahwa daging kambing ini merupakan makanan yang kaya akan protein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otot. Selain itu, daging kambing ini memiliki jumlah protein yang bisa membantu anda untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bukan hanya itu, profil asam amino dari daging kambing ini sangat mirip dengan yang terdapat pada ayam dan daging babi. Akan tetapi, daging kambing ini lebih banyak disukai orang. Karena daging kambing ini memiliki semua asam amino yang dibutuhkan, namun tidak menambah kalori saat dikonsumsi. Berbeda dengan daging ayam dan babi. 

Selain kaya akan protein, daging kambing juga memiliki kalori yang sangat rendah dibandingkan dengan jenis daging merah lainnya. Dimana, asupan total kalori 100 gran daging kambing hanya 122 kalori. Sementara daging sapi memiliki 178 kalori, daging ayam 162 kalori, dan daging babi 180 kalori. Dengan demikian, manfaat daging kambing ini bisa membantu untuk mengurangi perkembangan penyakit yang berkaitan dengan jantung. 

Selain rendah kalori, daging kambing juga memiliki kandungan kolesterol yang sangat sedikit. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 100 gram daging kambing mengandung kurang dari 1 gram kolesterol di dalamnya. Selain itu, daging kambing ini dikenal memiliki lemak tak jenus tinggi dan nilai lemak jenuh rendah. 

Daging kambing ini juga diketahui kaya akan kandungan zat besi. Seperti yang diketahui bahwa daging yang memiliki kandungan mioglobin tinggi sangat baik untuk kesehatan darah dan menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit seperti anemia maupun kekurangan zat besi. 

Walaupun daging ini kaya akan manfaat, namun kika daging kambing tidak dimasak dengan benar, maka daging kambing ini akan memiliki tekstur yang alot serta menimbulkan aroma yang kurang sedap. Bau prengus kambing ini biasanya berasal dari feromon yang dihasilkan pada tubuh kambing, terlebih pada kambing jantan. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau prengus kambing? Untuk itu mari kita simak bersama ulasan di bawah ini.

cara menghilangkan bau prengus kambing

1. Menggunakan Parutan Nanas

Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama pilih buah nanas yang masih muda
  • Lalu parut nanas dan taburkan ke seluruh bagian daging kambing. Lalu diamkan selama 20 menit.
  • Dengan menggunakan cara ini, daging kambing akan terbebas dari bau prengus dan memiliki tekstur yang empuk

2. Menggunakan Daun Pepaya

Adapun caranya adalah sebagai berikut : 

  • Pertama siapkan beberapa lembar daun pepaya yang sudah dibersihkan sebelumnya
  • Lalu bungkus daging kambing tersebut dengan daun pepaya
  • Dengan demikian, kandungan enzim pada daun pepaya ini akan bekerja untuk menghilangkan bau prengus dan menjadikan daging lebih lunak

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Caranya juga sangat mudah dan simpel sebagai berikut :

  • Langkah pertama peras jeruk nipis sampai mengeluarkan sarinya
  • Kemudian baluri daging kambing tersebut dengan perasan air jeruk nipis
  • Selesai

4. Taburi Dengan Garam

Adapun caranya adalah sebagai berikut : 

  • Langkah pertama taburi garam secara merata ke seluruh bagian daging kambing
  • Kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam dan bersihkan daging dari garam menggunakan air bersih
  • Setelah itu rebus daging kambing tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *