bayi baru lahir

Interaksi Ibu dan Bayi Baru Lahir

Gogeline – Bayi yang diberi kesempatan menyusu dini lebih berhasil menyusui eksklusif dan akan lebih lama disusui. Hentakan kepala bayi ke dada ibu, sentuhan tangan bayi diputing susu dan sekitarnya, emutan dan jilatan bayi pada puting ibu merangsang pengeluaran hormon oksitosin. Kontak Kulit & Menyusu Sendiri penting bagi ibu bayi karena dada ibu menghangatkan bayi dengan tepat selama bayi merangkak mencari payudara. Ini akan menurunkan kematian karena kedinginan (hypothermia).

bayi baru lahir

Bayi baru lahir sedang banyak-banyaknya tidur. Bahkan, meskipun Anda sendiri kurang tidur, bayi Anda menghabiskan sekitar 18 jam setiap hari untuk mendapatkan tidurnya. Namun, pola tidur bayi yang baru lahir berbeda dari orang dewasa. Bayi yang baru lahir menghabiskan 20% waktu mereka untuk tidur nyenyak. Sisa waktunya dilakukan untuk bolak-balik tidur siang. Sehingga jika Anda “memaksa”nya untuk tidur, ia akan terjaga dan menangis lagi. Ini bisa sangat melelahkan bagi Anda, tetapi seiring bayi Anda mulai mengonsumsi ASI (atau susu formula) tidur siangnya akan lebih lama lagi. deterjen khusus baju bayi bisa Anda gunakan untuk membersihkan pakaian anak yang kotor karena mengonsumsi ASI ditengah rasa kantuknya pada detik-detik menuju tidur siang.

Bayi baru lahir juga menghabiskan banyak waktu untuk makan. Selama beberapa minggu pertama, bayi yang baru lahir diberi makan sesuai kebutuhannya yang berarti setiap kali mereka lapar dan mereka harus menerima sedikitnya delapan kali sesi menyusui per hari. Jika setiap makan berlangsung selama 20 menit, hal ini akan memakan waktu lebih dari dua setengah jam per hari. Bayi baru lahir yang sehat buang air besar sekitar tiga sampai empat kali per hari dalam beberapa minggu pertama dan mereka ngompol menghabiskan sekitar 5-6 popok per hari. Pastikan membasuh pantat bayi dengan menggunakan sabun cair yang aman untuk kulitnya yang sensitive seperti yang terdapat dalam sabun cuci pembersih botol. Meski hal ini berarti lebih banyak popok yang harus Anda ganti, yang dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan atau kegiatan yang berantakan, tergantung pada bagaimana Anda melihatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *