Cara Merawat AC Rumah agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Gogeline – Pernah membayangkan berada di udara yang panasnya hinga 32 derajat celsius tanpa ada AC? Sebagian orang mungkin pernah mengalaminya, sebagian lain? Oleh sebab itulah mereka membutuhkan AC. Agar AC bisa bekerja maksimal, Anda perlu cuci AC dan servis secara berkala. Namun, Anda juga bisa rawat sendiri AC tersebut agar awet dengan cara ini!

1. Perhatikan Posisi Condensor atau Outdoor AC

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan posisi condensor atau outdoor AC berada di tempat yang tepat saat pemasangannya. Letakkanlah di luar ruangan dalam posisi teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak juga terkena hujan. Hal ini dikarenakan outdoor AC berguna untuk membuang udara panas.

Jika Anda meletakkannya di tempat yang tak teduh alias terkena sinar matahari langsung dan hujan juga, tentunya akan sangat berbahaya. Selain itu, jangan pernah mencoba menumpuk barang di atas outdoor AC juga karena berbahaya!

2. Tutup Rapat Jendela dan Pintu

Ketika menggunakan AC, sebaiknya tutuplah rapat-rapat jendela dan pintu ruangan. Ini untuk menjaga agar suhu di dalam ruangan tetap dingin dan AC Anda tidak bekerja dengan sangat keras. Semakin sering Anda membuka tutup pintu dan jendela serta membiarkannya dalam keadaan terbuka, maka suhu ruangan akan naik dan sistem kerja AC akan lebih keras.

3. Matikan Lampu dan Alat Elektronik Lain

Ketika berada di ruangan yang ber-AC, sebaiknya Anda tidak menyalakan peralatan elektronik lain seperti laptop, komputer ataupun TV. Memang tampak mustahil terlebih bila di ruangan kerja, namun ini sangat disarankan agar kinerja AC Anda tidak cepat rusak. Paling tidak, jangan hidupkan peralatan elektronik tersebut hingga berjam-jam.

Apa hubungannya menyalakan alat elektronik dengan AC yang bisa cepat rusak? Peralatan elektronik menghasilkan panas atau kalor yang cukup besar bila dinyalakan dalam waktu yang lama. Kalor ini akan diserap oleh AC sehingga menyebabkan sistem kerjanya lebih keras. Bila terus-terusan begini, tentu saja AC Anda akan lebih cepat rusak.

4. Isi Freon AC

Jika Anda merasa bahwa AC Anda sudah tidak dingin lagi meskipun dinyalakan dalam waktu yang lama, ada baiknya Anda menghubungi tukang AC untuk memeriksanya. Bisa jadi Anda harus melakukan cuci AC untuk memaksimalkan kinerjanya. Hanya saja, sebaiknya Anda juga melakukan pengisian freon AC.

Freon AC adalah pendingin dari unit AC tersebut. Bila freonnya kurang meskipun AC sudah dibersihkan, maka tetap saja udara yang dihasilkan tidak akan dingin. Hindarilah membiarkan sistem AC bekerja terus-terusan padahal udara yang dihasilkan tidak benar-benar dingin karena ini akan mempersingkat umur AC Anda.

5. Kontrol dan Periksa Setiap Kabel

Tak ada salahnya Anda coba mengecek semua kabel listrik AC untuk menghindari terjadinya konsleting listrik. Selain untuk itu, pemeriksaan kabel AC ini juga bisa berguna untuk mendeteksi berbagai masalah kelistrikan pada AC Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengambil tindakan bila diperlukan.

6. Servis Secara Rutin

Inilah yang penting untuk menjaga agar umur AC Anda bertahan lama. Servislah secara rutin paling tidak tiga bulan sekali. Selain itu menghindari kerusakan parah pada AC Anda, ini juga berguna untuk menjaga kinerja AC. Servis berkala ini juga berguna untuk menghindari biaya tagihan berlebihan bila Anda melakukan servis besar nanti.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang usia AC. Kalau butuh jasa cuci AC atau servis, Anda bisa menghubungi sejasa.com saja. Anda bisa memilih sendiri penyedia jasa servis AC sesuai dengan bujet dan referensi yang diberikan di sini. Tentunya, AC Anda juga bisa bertahan lebih lama bila terus diperhatikan seperti ini, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *