masakan jepang

Cara Membuat Sushi Roll Dengan Mudah

Gogeline – Sushi adaah salah satu masakan jepang yang sangat populer di Indonesia, seperti anda ketahui harga dari sushi ini memang cukup mahal, tetapi ternya bisa loh buat sushi Anda sendiri! Membuat sushi di rumah sangat sederhana. Kami akan mulai dengan cara membuat sushi untuk pemula, yang berarti gulungan sushi. Hanya dengan sedikit latihan, Anda bisa membuat gulungan sushi di rumah yang memesona untuk dilihat dan enak untuk dimakan.

masakan jepang

Cara Membuat Sushi Rolls

HBersama nasi sushi dan lembaran rumput laut (nori), sushi roll hanya membutuhkan beberapa bahan: daging kepiting, alpukat, dan mentimun. Jika Anda suka, campur daging kepiting dengan sedikit mayo untuk membuat konsistensi krim. Untuk daftar bahan dasar ini, kami telah menambahkan irisan wortel dan udang yang dimasak. Sebelum kita melanjutkan, catatan singkat tentang nasi sushi . Anda tidak bisa menggunakan sembarang nasi untuk sushi. Nasi Sushi adalah persiapan khusus nasi yang dibumbui dengan cuka beras, gula, dan garam. Itu terbuat dari beras gandum pendek (Japonica), biasanya dibuat di Jepang dan sebagian California dan Italia. Dengan nasi sushi buatan sendiri, Anda mengincar nasi yang empuk dan sedikit lengket tetapi tidak terlalu lengket.

Inilah yang Anda Butuhkan:

Untuk membuat sushi di rumah, Anda memerlukan beberapa alat penting untuk membuat sushi:

  • Matras bambu ( makisu )
  • Bungkus plastik
  • Pisau tajam

Cara Membuat sushi roll

Ini adalah cara tradisional untuk menggulung semua jenis sushi gulung, yang disebut sushi maki . Sebenarnya ada dua pilihan untuk metode ini: menggulung dengan nasi sushi di atas lembaran nori, seperti yang kita lakukan di sini atau dengan nori terbalik sehingga nasi berakhir di luar gulungan jadi uramaki sushi.

  1. Tempatkan tikar bambu di atas talenan sehingga potongan bambu berjalan secara horizontal untuk Anda. Sebarkan selembar bungkus plastik di atas tikar bambu. Kemudian letakkan selembar (atau setengah lembar) nori di bungkus plastik.
  2. Sebarkan lapisan tipis nasi sushi di atas nori. Jangan terlalu banyak menggunakan beras. Dengan sedikit latihan, Anda akan merasakan berapa banyak beras yang akan digunakan. Kami menyebarkan sekitar 1 cangkir beras per seluruh lembar nori, menyisakan ruang kecil di tepi atas nori sehingga Anda dapat menutup gulungan.
  3. Tambahkan bahan-bahan Anda ke tengah nori yang tertutup nasi. Jangan membungkusnya. Jika Anda membuat roti gulung dengan nasi di luar, cukup balikkan nori, letakkan nasi di atas tikar. Kemudian tambahkan bahan-bahan Anda ke bagian atas nori.
  4. Angkat bagian bawah matras dengan hati-hati dan ke atas sushi. Tekan dan gulung dengan tekanan sehingga Anda mendapatkan gulungan yang kuat.
  5. Gulung hingga hanya satu inci dari nori di bagian atas yang tersisa. Tutup ujung nori dengan sedikit air dingin. Kencangkan dengan meremas tikar di sekitar gulungan sampai terasa pas. Berhati-hatilah agar tidak menekan terlalu keras sehingga bahan-bahannya tidak hancur atau keluar dari sisi-sisinya.
  6. Iris sushi menjadi dua dengan pisau tajam di atas talenan. Kemudian potong setiap bagian menjadi tiga sehingga Anda memiliki 6 buah sushi. Untuk mendapatkan potongan bersih yang bagus, basahi pisau dengan air setiap kali Anda membuat irisan.
  7. Susun irisan sushi di atas piring atau piring sushi. Nikmati dengan kecap asin, pasta wasabi, dan acar jahe , dan sedikit daikon cincang jika Anda suka.

Itulah cara membuat sushi yang mudah yang bisa kalian buat sendiri dirumah, dan pastinya akan lebih murah dibandingkan kalian membelinya di restoran jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *