Bisnis Jual Beli Rumah Murah Bisa Diawali Dengan Modal Minim

Gogeline – Bisnis jual beli rumah murah tidak pernah surut seiring berkembangnya jaman. Bisnis ini menunjukkan prospek yang semakin menjanjikan setiap tahunnya. Mengapa demikian? Karena harga tanah dan rumah tidak pernah turun, justru semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Kini bisnis jual beli rumah murah semakin maju karena adanya teknologi dan fasilitas lain yang membantu pemasaran rumah tersebut. Selain itu, pasaran property atau furniture juga semakin hari semakin berkembang pesat.

Dalam hal jual beli rumah tentu mendapatkan keuntungan yang cukup besar, namun banyak orang yang berfikir bahwa bisnis ini membutuhkan biaya yang besar sekaligus resiko rugi yang cukup besar pula. Padahal usaha jual beli rumah ini bisa dijalankan dengan modal yang tidak begitu besar dan sebagai perbandingan Anda bisa lihat rumah dijual di Medan.

Lantas bagaimana tips dan cara jitu untuk menjalankan bisnis jual beli rumah murah dengan modal yang minimalis? Yuk simak tips berikut ini.

  1. Lakukan negosiasi pembayaran

Anda bisa memulai bisnis dengan modal minimalis dengan menerapkan sistem termin. System termin ini artinya Anda bisa membayar sebagian di awal  dengan dan pelunasan beberapa bulan kemudian. Selama tenggat waktu tersebut Anda bisa melakukan renovasi rumah dan melakukan penawaran kepada calon pembeli. Dengan begitu, Anda dapat membeli rumah dengan setengah harga dahulu, kemudian pembayaran setengahnya dibayar ketika rumah tersebut ada yang membeli.

  1. Kemas usaha ini sebagai media investasi

Anda dapat memikat pembeli dengan membuat para calon pembeli memandang bahwa rumah Anda tidak hanya sebagai tempat tinggal, namun juga sebagai media investasi. Dengan begitu nilai jual rumah Anda akan semakin tinggi.

Hal yang harus Anda tampakkan adalah potensi ekonomis dari rumah yang Anda tawarkan. Misalnya perubahan harga rumah untuk beberapa tahun ke depan, lokasi strateginya, potensi lingkungan, dan lain sebagainya. Kelebihan tersebut dapat memudahkan agar rumah yang Anda tawarkan cepat laku.

  1. Pahami biaya dan harga pasaran dengan baik

Biaya-biaya renovasi, cat ulang, periklanan, pemasaran, atau penambahan furniture lain juga harus dihitung dan digunakan untuk menentukan harga jual rumah. Jangan sampai harga jual rumah tersebut malah merugikan Anda atau hanya sekedar balik modal.

Di samping itu, perbandingan harga rumah-rumah lain juga harus Anda ketahui. Jangan sampai Anda mematok harga telalu tinggi dari harga rumah pada umumnya. Keuntungan yang ingin Anda peroleh harus dipertimbangkan secara rasional.

  1. Pahami Hukum dan Aturan Perpajakan

Urusan hukum dan perpajakan tidak boleh dilewatkan begitu saja. justru ini merupakan hal terpenting dalam kegiatan jual beli rumah murah. Mengapa begitu? Karena jual beli tanah, ruko, maupun rumah sangat rentan dengan pelanggaran hukum. Sebaiknya Anda pahami masalah hukum dan aturan perpajakan dalam hal jual beli rumah sebelum Anda menjalankan bisnis tersebut.

Urusan perpajakan juga harus Anda penuhi, seperti pembayaran PBB dan PPh. Selain itu, Anda harus memperhatikan dengan betul mengenai batas-batas wilayah rumah yang Anda kelola. Jika terjadi kelebihan atau mengambil hak tanah milik orang lain, maka bisa saja Anda berurusan dengan hukum. Oleh karena itu berhati-hatilah.

  1. Awali dengan sistem manajemen sederhana

Yang dimaksud dengan manajemen sederhana adalah Anda membagi tugas bersama partner atau menyerahkan beberapa tugas kepada orang suruhan. Dengan begitu Anda dapat focus dengan pemasaran atau penawaran rumah yang akan Anda jual.

Sementara urusan renovasi, konstruksi bangunan, sampai urusan sertifikat tanah sebaiknya dilimpahkan kepada orang terpercaya Anda. Hal tersebut juga bisa Anda serahkan kepada jasa konstruksi professional untuk urusan pembangunan dan renovasi, serta jasa legal professional yang mengurus surat-surat jual beli. Daripada Anda kelola sendiri, Anda akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu yang terkuras, kemudian urusan yang lebih penting yaitu marketing malah terlupakan.

Dengan banyaknya pihak yang membantu, maka Anda bisa focus dengan penawaran rumah yaitu melalui iklan di internet, brosur, surat kabar, dan lain sebagainya. Lagipula cara tersebut dianggap lebih efektif dan tidak mengeluarkan biaya yang begitu banyak. Biaya tersebut juga dapat ditutupi dengan harga jual rumah yang tinggi.

  1. Teknik pemasaran intensif

Anda bisa memanfaatkan media internet untuk mempromosikan rumah. Jual belu rumah murah kini juga tersebar di berbagai situs internet, maka Anda harus menyainginya dengan memasang iklan di internet pula. Media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram juga bisa digunakan untuk promosi semacam ini. Justru di jaman sekarang ini banyak anak muda yang mencari sesuatu dari media sosialnya, salah satunya rumah.

Teknik pemasaran semacam ini jauh lebih efektif dibanding brosur, papan reklame, dan sebagainya karena internet dapat mencakup seluruh wilayah, khususnya di Indonesia.

Dengan mengikuti tips di atas, maka Anda bisa menjalankan bisnis jual beli rumah murah dengan modal yang minim namun tetap mematuhi peraturan jual beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *