berita olahraga terkini

Berolahraga di Masa Pandemi? Ikuti Tips Ini agar Tetap Aman

Gogeline – Pandemi membuat kita harus berdiam diri dirumah untuk membatasi penyebaran virus covid – 19. Meskipun begitu, tidak ada pengecualian untuk tidak berolahraga. Olahraga adalah salah satu penambah imun alami sehingga tubuh kita akan selalu sehat dan bugar saat menjalani hari di masa pandemi.

Berita olahraga terkini, olahraga juga dapat berfungsi sebagai anti-stress karena melepaskan hormon dopamin yang berfungsi menggerakkan organ tubuh lainnya. Hormon dopamin biasa disebut juga sebagai hormon bahagia.

Pastikan kalian ikuti tips – tips ini ya agar aktivitas olahraga yang kalian lakukan tetap aman dan tubuh kalian tetap fit!

berita olahraga terkini

1. Selalu Gunakan Masker

Saat kalian berolahraga di luar ruangan, masker jadi barang yang wajib kamu kenakan agar tidak terpapar virus. Meskipun begitu, kalian tetap boleh membuka masker sesekali kok untuk mengambil nafas. Supaya lebih efektif, pakai masker medis atau yang sudah standar Kemenkes ya. Di masa sekarang juga kalian dianjurkan untuk memakai masker double ataupun masker enam lapis.

2. Cuci Tangan Sesering Mungkin

Tangan kalian harus tetap higienis saat beraktifitas, jadi cucilah tangan kalian di sela-sela aktivitas olahraga atau setelahnya. Durasi cuci tangan direkomendasikan Kemenkes selama 60 detik. Jika tidak ada tempat cuci tangan dan sabunnya, kalian bisa pakai hand sanitizer atau tissue basah beralkohol.

3. Berolahraga di Tempat Sepi

Jika berolahraga di luar rumah, carilah tempat yang sepi dan tidak berkerumun. Lebih aman lagi, kamu bisa melakukan olahraga di dalam rumah atau di halaman rumah kalian masing – masing. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan sendiri dan tanpa memerlukan banyak orang.

4. Pastikan Tubuh Sehat Saat Berolahraga

Sebelum berolahraga, pastikan tubuh kalian fit ya. Jangan sampai kalian berolahraga saat sedang sakit, karena bukannya meningkatkan imun malah membuat tubuh kalian semakin lemas. Ditambah lagi jika berolahraga di luar, kalian bisa saja tanpa sadar menularkan virus covid-19.

5. Pilih Olahraga yang bisa dilakukan sendiri

Olahraga bisa kamu lakukan dirumah dan seorang diri lho. Beberapa jenis olahraga di bawah bisa kamu pilih untuk meningkatkan imunitas tubuh :

  • Yoga
  • Senam
  • Lompat Tali
  • Calisthenics
  • Zumba

Atau, jika ingin berolahraga diluar rumah kalian bisa melakukan olahraga ini :

  • Bersepeda
  • Jogging
  • Bulu Tangkis – 2 orang
  • Aerobik

Saat berada diluar rumah, ingat tips dari poin-poin sebelumnya ya agar kalian tetap aman!

6. Segera mandi setelah olahraga

Sehabis berolahraga di luar maupun dalam rumah, sebaiknya kalian langsung mandi dan membersihkan badan. Hindari dulu kontak dengan keluarga di rumah dan langsung taruh pakaian kotor kalian di tempat cuci, kalian juga perlu membersihkan peralatan olahraga yang kalian pakai dengan disinfektan agar tetap higienis.

7. Konsumsi makanan yang tinggi protein dan karbohidrat

Sebagai pengganti tenaga yang terbuang setelah berolahraga, pastinya kamu harus “isi bensin” untuk isi tenaga kamu. Makanlah makanan karbohidrat seperti nasi, kentang, gandung atau kacang-kacangan. Untuk protein, kamu bisa makan dada ayam, daging sapi, atau juga ikan dan tempe tahu.

Tips di atas bisa kalian lakukan setidaknya sampai pandemi ini berakhir, karena olahraga dapat meningkatkan imunitas, maka itu menjadi hal wajib yang harus kita lakukan. Semoga tipsnya dapat kalian ikuti dan jangan lupa berolahraga ya! Kalau di masa gini biasanya kalian olahraga apa di rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *