Asuransi Kesehatan untuk individu

Berbahaya! Ini Dia 5 Penyakit Kronis yang Muncul di Usia Muda

Gogeline – Usia muda memang tidak menjamin seseorang bisa terbebas dari penyakit. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang muda yang sudah mengidap penyakit kronis akibat pola hidup yang buruk. Maka tidak mengherankan, jika asuransi kesehatan untuk individu menjadi begitu penting untuk dimiliki saat ini

Selain faktor pola hidup yang tidak sehat, beberapa penyakit juga bisa disebabkan karena faktor keturunan yang diwariskan secara turun-temurun dari orang tua. Untuk mengetahui penyakit apa saja yang bisa muncul di usia muda, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Macam-macam Penyakit Kronis di Usia Muda

Asuransi Kesehatan untuk individu

1. Asam Urat

Salah satu penyakit kronis yang sering muncul pada usia muda akibat pola hidup yang tidak sehat adalah asam urat. Penyakit ini disebabkan karena tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) yang berasal dari makanan yang mengandung lemak tinggi seperti junk food atau makanan cepat saji.

Untuk mencegah tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, dan rutin berolahraga. Meminum obat penurun kolesterol juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh jika sudah memiliki kadar LDL yang tinggi sambil mengubah pola hidup.

2. Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering muncul di usia muda. Ada berbagai macam penyakit yang dapat menyerang saluran pernapasan mulai dari yang ringan hingga akut seperti flu dan asma.

Penyakit yang menyerang pernapasan ini mencakup berbagai kondisi mulai dari asma biasa hingga PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis. Sebagian besar gangguan pernapasan ini disebabkan karena kebiasaan merokok dan sisanya disebabkan karena paparan asap, debu, atau bahan kimia.

3. Penyakit Hati

Penyakit lain yang sering muncul di usia muda yaitu penyakit hati. Bahkan selama satu dekade terakhir, penyakit satu ini mengalami peningkatan hingga 20%. Penyakit ini juga berkembang secara diam-diam sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya.

Beberapa penyebab penyakit hati antara lain paparan virus hepatitis, obesitas, dan terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol. Untuk mencegah penyakit hati, sebaiknya hentikan kebiasaan minum minuman beralkohol dan jaga berat badan agar tetap ideal.

4. Penyakit Jantung

Penyakit berbahaya selanjutnya yang sering terjadi di usia muda akibat pola hidup yang tidak sehat yaitu penyakit jantung. Penyakit kronis ini dapat disebabkan karena kebiasaan merokok, kadar kolesterol yang tinggi, obesitas, hipertensi, minuman beralkohol, dan kurang aktivitas fisik.

Untuk mengurangi risiko penyakit jantung di usia muda, sebaiknya terapkan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, mengatur pola makan, mengonsumsi makanan bergizi, dan menjaga berat badan.

5. Kanker

Kanker juga termasuk penyakit kronis yang cukup sering terjadi pada orang-orang di usia muda. Berdasarkan data dari Cancer Research UK, salah satu pemicu kanker adalah penerapan gaya hidup yang tidak sehat.

Beberapa jenis kanker yang sering terjadi pada orang-orang di usia muda adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker usus, dan kanker paru-paru.

Beberapa penyakit kronis di atas bisa dicegah dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat. Sebagai langkah antisipasi terhadap risiko penyakit kronis, Anda bisa berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, menjaga berat badan tetap ideal, dan hentikan kebiasaan merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *