Cetirizine adalah obat antihistamin

Aturan Pemakaian Cetirizine yang Tepat

Gogeline – Cetirizine adalah obat antihistamin dengan fungsi untuk meredakan gejala alergi seperti gatal-gatal, mata berair, pilek, dan mata/hidung gatal. Obat ini bekerja dengan menghalangi zat alami tertentu (histamin) yang diproduksi tubuh selama reaksi alergi. Bila Anda terkena tanda-tanda alergi seperti ini, segeralah bicarakan dengan dokter Anda. Jika Anda atau anak Anda telah diresepkan cetirizine, ikuti instruksi dokter Anda tentang bagaimana dan kapan harus mengonsumsinya. Jika Anda membeli cetirizine dari apotek atau toko obat, ikuti instruksi yang disertakan bersama paket tersebut.

Cetirizine adalah obat antihistamin

Berapa dosis cetirizine yang harus diambil?

Cetirizine hadir dalam bentuk tablet dan kapsul (10 mg) dan sebagai obat cair (diberi label 5 mg / mL atau 1 mg / 1 mL). Dosis cetirizine yang biasanya diberikan pada orang dewasa adalah 10 mg sekali sehari, sedangkan dosis yang lebih rendah biasanya diberikan untuk orang dengan masalah ginjal. Untuk anak-anak, dokter Anda akan menggunakan berat badan atau usia anak Anda untuk menentukan dosis yang tepat. Jika Anda telah membeli cetirizine untuk anak, ikuti instruksi pada paket. Bergantung pada usia mereka, anak-anak dapat mengonsumsi cetirizine dua kali sehari. Dalam hal ini, cobalah untuk memberi jarak dosis terpisah 10 hingga 12 jam.

Bagaimana cara mengonsumsi cetirizine?

Anda bisa mengonsumsi cetirizine dengan atau tanpa makanan. Selalu minum tablet cetirizine atau kapsul dengan minum air putih. Telan seutuhnya tanpa dikunyah. Cetirizine cair mungkin lebih mudah dikonsumsi anak dibandingkan tablet atau kapsul. Obat cair akan datang dengan jarum suntik plastik atau sendok untuk membantu Anda mengukur dosis yang tepat. Jika Anda tidak memiliki jarum suntik atau sendok, tanyakan pada apoteker Anda. Jangan menggunakan sendok teh dapur karena tidak akan memberikan jumlah yang tepat.

Kapan harus mengonsumsi cetirizine?

Anda mungkin hanya perlu meminum cetirizine pada hari Anda memiliki gejala alergi, misalnya jika Anda telah terpapar pada pemicu seperti rambut hewan. Atau Anda mungkin perlu meminumnya secara teratur untuk mencegah gejalanya, misalnya untuk menghentikan demam selama musim semi dan musim panas.

Bagaimana jika Anda lupa mengonsumsi cetirizine?

Minumlah dosis yang dilupakan begitu Anda ingat, kecuali sudah hampir waktunya untuk dosis berikutnya. Jangan minum dosis ganda untuk mengganti dosis yang terlupakan. Jika Anda lupa memberi dosis pada anak yang mengonsumsi cetirizine dua kali sehari, Anda bisa memberikan dosis itu dalam 4 jam dari waktu mereka seharusnya meminumnya. Jika Anda ingat lebih dari 4 jam setelah itu, jangan berikan dosis yang terlewat. Sebagai gantinya, tunggu hingga dosis berikutnya, dan lanjutkan seperti biasa.

Bagaimana jika Anda terlalu banyak mengonsumsi cetirizine?

Obat ini umumnya sangat aman. Mengambil terlalu banyak tidak akan membahayakan Anda atau anak Anda. jika Anda mengambil dosis ekstra secara tidak sengaja, Anda mungkin mendapatkan beberapa efek samping cetirizine yang umum. Jika ini terjadi atau Anda jadi merasa khawatir, segeralah hubungi dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *