air purifier HEPA filter

Apa Itu Air Purifier Hepa Filter dan Apa Manfaatnya?

Gogeline – Hampir semua orang tahu dan mengerti bahwa udara di luar penuh dengan polutan yang dapat mengiritasi sistem pernapasan dan memperparah alergi dan asma. Apa yang tidak disadari banyak orang adalah bahwa udara di dalam rumah mereka bisa sama tercemarnya dan menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti halnya udara di kota besar.

Mereka yang setiap hari menderita alergi, bersin, mata gatal, atau batuk kronis tahu betapa frustasinya hidup di lingkungan yang membuat mereka tidak merasa sehat 100 persen. Alhasil, banyak yang mencari cara untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah mereka untuk mendapatkan sedikit kelegaan.

Air purifier HEPA filter bisa sangat membantu jika digunakan dengan benar dan jika dipilih dengan tepat.

air purifier HEPA filter
Sumber: kompas.com

Apa itu HEPA?

Filter HEPA juga disebut High-Efficiency Particulate Air filter. Ada standar tertentu yang harus dipenuhi oleh filter udara agar memenuhi syarat sebagai filter HEPA sejati. Menurut standar pemerintah, pembersih udara harus bisa menghilangkan 99,97 persen partikulat pada ukuran yang sangat kecil (0,3 mikron) dari udara yang melewatinya untuk mendapatkan status HEPA. Partikel kecil ini meliputi bulu hewan peliharaan, jamur, tungau debu, dan serbuk sari. Partikulat yang lebih besar biasanya disaring lebih efisien, hampir sepenuhnya dihilangkan dari udara.

Siapa yang Menggunakan Filter HEPA?

Sementara banyak orang ingin memiliki air purifier HEPA filter di rumah mereka untuk memastikan kualitas udara mereka berada pada tingkat terbaik, ada banyak kegunaan lain filter ini di industri yang berbeda. Beberapa penggunaan lainnya antara lain:

  • Rumah Sakit
  • Laboratorium
  • Pesawat terbang
  • Mobil

Ketika filter HEPA digunakan di tempat-tempat seperti fasilitas medis, banyak yang menggabungkannya dengan sinar UV untuk membantu membunuh bakteri hidup yang dapat menjadi ancaman bagi kesehatan pasien.

Bagaimana Filter HEPA Bekerja?

Menghilangkan partikel dari udara di dalam rumah Anda adalah tugas utama air purifier HEPA filter. Mesin ini melakukan tugasnya dengan bantuan filter mat atau penyaring yang ada di dalam alat pembersih. Penyaring terdiri atas serat yang diatur dalam pola acak yang menjebak partikel, menjaganya agar tidak kembali ke udara.

Agar berfungsi dengan baik, filter HEPA menggunakan tiga mekanisme untuk memastikan partikel tersangkut saat melewati penyaring:

  • Impaksi: Di ​​mana partikel menempel pada serat apa pun yang dekat dengannya
  • Intersepsi: Di ​​mana partikel besar menabrak serat secara langsung
  • Difusi: Di ​​mana partikel terkecil bertabrakan dengan molekul gas, menghalangi jalan mereka melalui filter.

Dengan mendorong udara di rumah Anda masuk ke perangkap jaring halus ini, Anda dapat menyingkirkan sebagian besar polutan yang menyebabkan masalah kesehatan Anda.

Memilih Filter HEPA

Saat ini, ada banyak air purifier tiruan yang tidak memenuhi standar HEPA. Beberapa produk mengklaim sebagai “seperti HEPA” atau bahkan “99 Persen HEPA.” Sayangnya, jika filter tidak memenuhi standar, filter itu tidak akan memberikan daya pembersihan udara seperti filter HEPA asli.

Saat memilih filter HEPA, perhatikan frasa yang menunjukkan bahwa pembersih tidak benar-benar memenuhi persyaratan HEPA. Pastikan bahwa produk apa pun yang Anda pilih untuk dibeli tepat dan bisa melakukan pekerjaan yang Anda perlukan. Beberapa faktor lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli air purifier HEPA filter adalah sebagai berikut:

  • Apakah air purifier tersebut cukup besar untuk ruangan tempat Anda ingin menggunakannya?
  • Apakah air purifier mengeluarkan produk sampingan yang tidak sehat, seperti ozon?
  • Apakah Anda memerlukan jasa instalasi profesional?

Melakukan sedikit riset sebelumnya dapat membantu Anda membeli produk terbaik yang Anda rasa nyaman dan aman dalam jangka panjang. Happy shopping!

Leave a Reply

Your email address will not be published.