cara mengurangi rambut rontok

6 Cara Mengurangi Rambut Rontok

Gogeline – Permasalahan pada rambut memang cukup meresahkan. Mulai dari rambut berketombe, rambut kering, hingga rambut rontok. Kesemuanya sama-sama membutuhkan cara yang tepat untuk mengatasinya. Terutama pada rambut rontok yang sangat membuat tidak nyaman karena setiap harinya rambut terus berkurang. Bahkan ada pula yang mengalami kebotakan akibat rambut rontok ini. Apabila kamu mengalami hal yang sama, bergegaslah mencari cara mengurangi rambut rontok untuk menghindari kebotakan.

cara mengurangi rambut rontok

Mengurangi Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok juga banyak, bisa karena stres, pola hidup yang buruk, hingga pengaruh makanan yang dikonsumsi. Kamu tentu cemas jika mendapati rambut yang rontok menempel pada bantal, hijab atau pakaian yang dikenakan. Nah, agar permasalahan rambut rontok ini bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan sebaiknya kamu menerapkan cara-cara berikut ini.

1. Hindari stres

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa stres adalah salah satu pemicu rambut rontok. Jadi jika saat ini kamu mengalami rambut rontok, mulailah untuk mengelola stres dengan baik. Perlu diketahui bahwa stres tidak hanya membuat rambut mudah rontok, namun juga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti diabetes, kenaikan atau penurunan berat badan, stroke dan lainnya. Dimana hal ini juga akan memperparah kerontokan pada rambut.

Untuk itu upayakan menghindari stres dengan melakukan berbagai aktivitas positif. Kamu bisa membaca buku, berolahraga, meluangkan waktu untuk me time, istirahat cukup, jalan-jalan dengan orang terkasih dan lain sebagainya.

2. Konsumsi makanan pilihan

Selain menghindari stres, mengonsumsi makanan tertentu juga bisa membantu kamu mengatasi rambut rontok. Kacang-kacangan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 bisa menjadi pilihan untuk merawat rambut. Selain itu konsumsi pula makanan yang mengandung protein tinggi. Seperti halnya telur dan ikan salmon. Pada makanan tersebut terkandung zat penyusun rambut dan protein sehingga akan memperkuat akar dan struktur rambut.

Oiya, jangan lupa memperbanyak konsumsi buah dan sayur juga ya!

3. Memijat kepala

Cara mengurangi rambut rontok selanjutnya adalah dengan melakukan pijatan ringan pada kulit kepala menggunakan minyak almond, minyak wijen atau minyak kelapa secara rutin. Pijatan ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga dapat merangsang folikel rambut. Manfaatnya adalah bisa mengurangi kerontokan dan juga bisa mengatasi permasalahan kulit kepala seperti ketombe atau infeksi kulit.

4. Jangan sisir rambut saat basah

Guna menghindari kerontokan yang semakin parah pastikan untuk tidak menyisir rambut ketika rambut masih basah. Dalam keadaan basah folikel rambut sedang melemah, alhasil rambut akan mudah rontok jika tetap disisir.  Selain itu kamu juga disarankan untuk tidak mengeringkan rambut menggunakan hair dryer.

5. Menggunakan produk kesehatan rambut

Kini sudah banyak produk kesehatan rambut yang bisa kamu temukan di pasaran. Setiap merk yang ada pasti menawarkan manfaat terbaiknya, namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua produk tersebut cocok dengan jenis kulit kepala atau rambut kamu. Jadi, sebelum menggunakan produk kesehatan rambut tersebut ada baiknya kamu berkonsultasi dulu pada ahlinya.

Produk kesehatan rambut yang kandungannya bagus dan cocok dengan kulit kepala kamu dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

6. Istirahat cukup

Walau terlihat sepele, sebaiknya kamu jangan mengabaikan poin yang satu ini. Yup, tidur cukup tidak hanya akan membuat tubuh kamu sehat, namun juga mampu menyehatkan rambut serta kulit kepala. Upayakan untuk memiliki waktu tidur 7 hingga 8 jam. Tidur cukup akan membantu proses regenerasi rambut.

Demikianlah 6 cara mengurangi rambut rontok yang bisa kamu terapkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *