provider internet terbaik

5 Kriteria Penyedia Jasa Internet Yang Bagus

Gogeline – Menurut mancinginfo.blogspot.com, salah satu ciri dari provider internet terbaik adalah berbentuk badan usaha atau perusahaan yang sudah terdaftar, jadi bukan milik perorangan. Perusahaan penyedia internet sendiri saat ini sudah sangat banyak di Indonesia, bahkan ada di hampir setiap kota dan kabupaten.

Adapun pengertian penyedia internet menurut laman Wikipedia adalah perusahaan yang menyediakan akses internet dan hal terkait lain untuk para pelanggan pribadi dan bisnis. Sebutan global untuk penyedia internet adalah Internet Service Provider, atau biasa disingkat ISP.

provider internet terbaik

Kriteria ISP yang Bagus

Setiap rumah atau organisasi dengan akses internet pastinya menggunakan ISP. Namun tidak semuanya menggunakan satu ISP yang sama. Namun, ISP yang bagus memiliki kriteria yang sama yaitu seperti berikut:

1. Memiliki Server Proxy

Server proxy merupakan pintu gerbang antara pengguna dan internet. Disebut demikian karena server ini berjalan antara pengguna akhir dan halaman web yang sering dikunjungi pengguna secara online.

Saat komputer terhubung ke internet, maka komputer menggunakan alamat IP. Jika dalam dunia nyata, alamat IP ibarat alamat rumah. Pada dasarnya, server proxy adalah komputer di internet yang memiliki alamat IP sendiri.

Dalam bahasa yang lebih sederhana, server proxy adalah tempat menyimpan alamat berbagai situs favorit atau yang paling sering dikunjungi pelanggan. Karena sudah disimpan, situs-situs ini bisa lebih cepat untuk diakses, dan pelanggan juga lebih hemat bandwidth karena tidak terkoneksi langsung ke situs-situs tadi.

2. Memiliki Backbone

Backbone merupakan bagian dari infrastruktur jaringan komputer yang fungsinya adalah menyambungkan / menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lain serta menyediakan / membuat jalur untuk proses pertukaran data antar jaringan tersebut.

Backbone dapat menghubungkan jaringan internet dari satu gedung ke gedung lain di area lokal yang sama. Kumpulan dari beberapa jaringan di area lokal ini biasa disebut LAN. Jika satu LAN dihubungkan dengan LAN lain, maka terbentuklah WAN atau MAN.

Menurut mancinginfo.blogspot.com, ISP yang memiliki backbone sudah pasti perusahaan bagus karena backbone termasuk teknologi sangat tinggi yang membutuhkan banyak dana untuk membuatnya.

3. Menggunakan Firewall

Ciri lain dari ISP yang bagus adalah menggunakan firewall untuk menjaga keamanan data-data para pelanggannya. Jadi, jangan pilih ISP yang tidak menggunakan firewall.

4. Memiliki Banyak Pilihan Paket dan Harga

Biaya dan jenis paket adalah hal penting yang harus dipertimbangkan oleh calon pelanggan, dan ISP yang bagus akan memiliki beragam paket dan harga yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

5. Handal

Terlepas dari seberapa bagus koneksinya, suatu hari nanti akan ada masalah yang terjadi bisa di perangkat keras atau jaringan internet itu sendiri. Karena itu, keandalan menjadi faktor terpenting yang harus dipertimbangkan saat memilih ISP, terutama bagi pemilik bisnis.

Berlangganan internet dari ISP yang memiliki pelayanan tidak dapat diandalkan hanya akan membuat pusing saat internet mengalami masalah. Jadi agar saat ada gangguan tidak mengganggu aktivitas online, pilihlah ISP yang menawarkan layanan pelanggan profesional, handal, berpengalaman, dan tersedia 24/7.

Intinya, ISP merupakan perantara untuk menghubungkan pelanggan dengan internet agar bisa melakukan berbagai hal secara online. Meski ISP bisa dengan mudah ditemukan dimana saja, namun pastikan untuk memilih yang terbaik dengan minimal empat kriteria di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *